en id

Berita

CEGAH MASUKNYA VIRUS CORONA, BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK PERKETAT PEMERIKSAAN

28 Jan 2020

kembali ke list


Praya (28/1) – Merebaknya virus corona di beberapa negara membuat bandara - bandara di Indonesia memperketat pemeriksaan terhadap wisatawan, salah satunya Bandara Internasional Lombok. Sebagai upaya mencegah masuknya virus corona ke Lombok, manajemen Bandara Internasional Lombok bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Mataram memeriksa wisatawan khususnya wisatawan internasional menggunakan alat thermal scanner atau alat pendeteksi suhu tubuh di area kedatangan domestik dan area kedatangan internasional di Bandara Internasional Lombok.

Petugas KKP dengan siaga mengawasi wisatawan yang melintas menuju pintu keluar atau sedang menunggu bagasi di area kedatangan melalui monitor thermal scanner. Selanjutnya, jika ada wisatawan yang terdeteksi suhu tubuhnya mencapai atau di atas 38 derajat celsius, maka alat thermal scanner akan mengeluarkan bunyi. Wisatawan yang bersangkutan kemudian akan diperiksa kesehatannya lebih lanjut oleh petugas KKP. Sampai dengan hari ini, belum ada wisatawan yang memerlukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Datu Kusuma, Korwil KKP Bandara Internasional Lombok menjelaskan “Suhu yang paling tinggi kita ambil 38 derajat Celsius, kalau sudah 38 derajat keatas kemudian disertai batuk, pilek, sesak maka akan kita rujuk ke rumah sakit umum provinsi selaku rumah sakit rujukan”.

“Sampai dengan saat ini sejak tanggal 17 Januari lalu, kita sudah melakukan antisipasi bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan. Pertama, pendeteksian suspect apabila ditemukan ada indikator penumpang yang menjadi suspect terjangkit virus corona” Ujar Nugroho Jati, General Manager Bandara Internasional Lombok. Manajemen Bandara Internasional Lombok akan terus berkoordinasi dengan KKP untuk mencegah masuknya virus corona tersebut ke Lombok. [MF]

Praya, 28 Januari 2020

Humas Bandara Internasional Lombok

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contact Person: I Nyoman Siang (Communication and Legal Manager Lombok International Airport) | HP: 0811-3954-503 | e-mail: humas.lop@ap1.co.id